Tips Membuat Bumbu Jagung Bakar

Bumbu Jagung Bakar
Bumbu Jagung Bakar - Jagung adalah sumber karbohidrat alternatif selain gandum dan padi. Di Indonesia, jagung menjadi makanan pokok bagi penduduk di beberapa wilayah seperti di Madura dan Nusa Tenggara.  Selain sebagai bahan makanan pokok, jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak, diambil minyaknya, dibuat tepung yang sering dikenal dengan istilah tepung jagung dan sebagai bahan baku industri. Jagung juga dapat dibuat menjadi berbagai olahan makanan berbahan dasar jagung seperti berondong jagung ataupun jagung bakar.

Jagung bakar adalah salah satu olahan kuliner berbahan dasar jagung yang paling populer di seluruh kalangan masyarakat Indonesia.  Jagung bakar banyak dijajakan di pinggir jalan ataupun di tempat-tempat wisata. Jagung bakar banyak diolah menjadi berbagai macam variasi resep seperti jagung bakar manis pedas, jagung bakar asin, bahkan banyak pengusaha yang memberikan berbagai macam rasa yang unik untuk ditambahkan pada resep jagung bakar mereka seperti jagung bakar dengan rasa cokelat, stroberi dan keju.  Jagung bakar diolah dengan cara membakar jagung yang telah dibersihkan di atas tungku arang hingga jagung berwarna keemasan. Ketika dipanggang, bumbu jagung bakar beraneka rasa juga dioleskan untuk menciptakan rasa jagung bakar yang sesuai dengan keinginan.

Bumbu jagung bakar yang digunakan untuk menciptakan jagung bakar dengan rasa manis pedas sebagai olesan adalah cabai merah yang dicincang halus bersama bawang putih, bawang merah, gula, saus tomat, saus cabai dan garam. Bumbu jagung bakar tersebut dicampur hingga menjadi bumbu halus untuk olesan jagung bakar. Dan untuk cara pembuatan bumbu jagung bakar manis sendiri, bahan yang digunakan adalah bahan bumbu cabai merah atau lombok besar yang telah dicincang – cincang halus, serta bawang putih, gula merah, saus tomat, saus cabai, susu kental manis, garam dan juga keju parut.

Cara membuat bumbu jagung bakar tidak terlampau susah. Yang perlu Anda lakukan adalah bumbu-bumbu yang telah disiapkan dicampur menjadi satu hingga menjadi bumbu oles untuk olesan jagung yang dibakar di atas tungku arang. Untuk membuat jagung dengan rasa seperti rasa cokelat, bumbu-bumbu jagung bakar tersebut dapat dipakai dengan tambahan selai coklat yang dioleskan pada jagung yang sedang dibakar. Keju parut juga dapat ditambahkan bersama bumbu-bumbu jagung bakar untuk menciptakan jagung bakar dengan rasa keju. Jagung bakar juga dapat ditambahkan dengan berbagai macam rasa seperti strawberi, melon, dll. Bahan yang digunakan pun sama seperti saat membuat jagung bakar rasa cokelat tetapi untuk olesan bumbunya menggunakan selai stroberi ataupun selai – selai dengan rasa yang lainnya.