Cara Membuat Emping Jagung Pedas

emping jagung
Jagung merupakan tanaman pangan yang sangat mudah untuk dibudidayakan karena jagung merupakan tanaman semusim yang bisa dibudidayakan pada musim hujan maupun musim kemarau dengan kebutuhan air yang tercukupi. Dari kondisi tersebut, ketersediaan produksi jagung sepanjang waktu akan tetap tersedia dan memadai sehingga para pengrajin jagung tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari bahan jagung. Namun sebagian besar pendapatan petani jagung masih belum tercukupi dikarenakan menurunya harga riil dari pemasaran jagung dan sempitnya lahan pertanian jagung. Salah satu pengolahan jagung tanpa menggunakan bahan kimia sintesis adalah produk emping jagung atau yang biasa kita kenal dengan sebutan corn flakes.

Proses pembuatan emping jagung sangatlah sederhana tanpa menggunakan bahan kimia yang bisa membahayakan manusia dan lingkungan sehingga siapapun dapat berkreasi membuat emping jagung. Di era globalisasi ini, masyarakat pada umumnya menyukai makanan berbentuk instant. Guna mencukupi akan kebutuhan dan manfaat bagi kesehatan tubuh serta untuk memenuhi kandungan gizi, maka emping jagung merupakan salah satu produk makanan instant yang aman dikonsumsi sehari – hari.


Dalam dunia bisnis kuliner, emping jagung dapat di modifikasi menjadi emping jagung manis pedas. Berikut adalah cara membuat emping jagung manis pedas :

Bahan-bahan :
  1. 900 gram cornflakes
  2. 300 gram kacang tanah tanpa kulitnya
  3. 150 gram teri jengki yang sudah diseduh dan digoreng hingga kering
  4. 9 lembar daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya dan letah diiris halus
  5. 150 gram gula merah yang sudah disisr halus
  6. 300 gram gula pasir
  7. 1½  sendok makan garam
  8. 450 ml air
  9. 2 lt minyak untuk menggoreng
Bumbu-bumbu
  1. 30 buah cabai merah keriting
  2. 48 siung bawang putih
  3. 60 butir bawang merah
Cara membuatnya :
  1. Pertama, tumis bumbu-bumbu sampai halus dan harum. Lalu tambahkan daun jeruk untuk penyedap rasa, aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan gula merah, gula pasir, garam, dan air. Lalu aduk hingga mengental dan berambut.
  2. Kedua, masukan corn flakes, kacang tanah, dan teri kedalam tumisan bumbu-bumbu tersebut. Aduk hingga semua bahan terbalut bumbu dengan dua sendok kayu sampai kering.
  3. Setelah emping jagung manis pedas selesai di tumis, angkat emping tersebut dan diamkan hingga sampai dingin. Setelah emping jagung menjadi dingin, taruh di dalam toples bening dan emping jagung siap disajikan.