Beragam Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan

Manfaat Jagung Manis
Jagung merupakan salah satu alternatif tanaman pangan selain gandum dan padi. Jagung adalah sumber yang menghasil zat karbohidrat bagi kesehatan manusia. Dari berbagai jenis jagung yang ada, manfaat jagung manis cukup banyak diperbincangkan karena kaya akan serat dan zat gizinya. Selain itu, jagung dapat diolah sebagai makanan yang enak seperti jagung rebus ataupun jagung bakar.

Berikut ini beragam manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh manusia yang dikutip dari beragam sumber terpercaya :

  • Mencegah anemia
Penyakit ini terjadi dimana berkurangnya jumlah sel-sel darah merah di dalam darah. Dengan mengkonsimsi jagung manis, kesehatan tubuh dapat terkontrol dari penyakit anemia.
  • Melancarkan air seni
Jagung manis juga memiliki zat kalium yang dapat melancarkan keluarnya air seni dalam tubuh. jagung manis bisa mengatasi penurunan kadar asam urat, iritasi pada saluran kemih serta dapat mencegah terjadinya batu ginjal.
  • Merawat kulit
Jagung juga kaya akan antioksida bagi kesehatan kulit. Dan jagung juga dapat diolah sebagai minyak jagung yang memiliki kandungan asam linoleatnya serta dapat diolah sebagai bahan pati jagung yang berguna untuk menenangkan iritasi pada kulit dan ruam.
  • Melancarkan pencernaan
Jagung manis memiliki serat yang tinggi sehingga bermanfaat bagi sistem pencernaan. Dan jagung juga bisa digunakan untuk mencegah sembelit, wasir, serta menurunkan resiko kanker usus besar.
  • Melancarkan ASI
Manfaat jagung manis juga banyak bagi ibu-ibu yang sedang hamil karena mengkonsumsi jagung yang direbus dapat mempelancar air susu ibu.
  • Mengontrol kolesterol
Manfaat jagung manis juga baik bagi jantung karena jagung manis memiliki kandung zat vitamin C, bioflavanoid dan karonoid yang berfungsi untuk menjaga kesehetan jantung, dengan mengontrol kadar kolesterol serta peredaran darah dalam tubuh. Dengan kolesterol tinggi, mengakibatkan fungsi jantung melemah dan mengakibatkan penyakit kardovaskular.
  • Mempertajam penglihatan dan daya ingat
Manfaat jagung manis untuk kesehatan sel-sel otak adalah karena jagung manis memiliki kandungan thiamine yang menopang kondisi sel-sel otak dan memaksimalkan kinerja funsi kognitif. Jagung manis juga dapat mencegah penyakit mata seperti degradasi makula karena jagung memilki kandungan zeaxanthin yang berfungsi untuk mencegah penyakit mata. Selain itu, jagung mengandung zat antioksidan zeaxanthin yang membuat warna menjadi kuning cerah. 
Dan masih banyak lagi manfaat jagung manis bagi kesehatan manusia. Bilamana bahan pangan padi dan gandum mulai sulit didapat, jagung manis cocok untuk dijadikan sebagai alternatif bahan pangan pengganti padi dan gandum sehari-hari.